Sign In

Yang Telah dan Akan Terjadi di Era ‘New Normal’

Yang Telah dan Akan Terjadi di Era ‘New Normal’

Tak lama jelang dunia menyebut istilah ‘New Normal’ Tulisan ini dibuat Rabu, 27 Mei 2020. Mungkin bisa menjadi awal sejarah panjang untuk masa depan masa di muka bumi ini. Munculnya Virus Covid-19 bisa jadi hanya elemen starting point atau penanda awal dimulainya kehidupan baru. Beberapa perubahan besar telah dan akan terjadi. Inilah yang menandai awal jaman baru yang disebut era New Normal.

Sejak munculnya virus Covid-19 dari Wuhan, China keadaan dunia begitu berubah drastis, manusia terpaksa menjalani kehidupan yang berbeda dari keadaan normal sebelumnya menjadi kehidupan yang diartikan menjadi istilah ‘New Normal’. Perubahan yang tidak serta merta inilah sebenarnya bagian dari proses penyesuaian sedang berjalan.

Berikut yang telah dan akan terjadi di era ‘New Normal’. Nomor 3 yang paling ekstrem.

1. Social Distancing

teddyautosale.com

Ini yang telah terjadi di era ‘New Normal’. Disebut melakukan jaga jarak social. Artinya meniadakan hubungan sosial dengan orang lain. Bayangkan manusia sebagai makhluk Sosial yang suka ngobrol, bercengkrama harus membatasi hal itu.

2. Phisical Distancing

baywardbulletin.ca

Melakukan jaga jarak fisik. Salah satu budaya manusia adalah bersalaman, bercanda, selalu dengan kontak fisik. Dalam era new normal mungkin tidak bisa dilakukan kembali.

3. Selalu menggunakan masker

boudulemag.com

Yang telah dan akan terjadi di era ‘New Normal’ dalam gambaran, manusia mungkin akan menggunakan tabung kaca di kepalanya seperti seorang astronaute. Hal ini sangat mungkin apabila Vaksin tak kunjung ditemukan hingga bertahun-tahun.

Masak sendiri Thaitomyam buat serumah, Pasti lebih higienis. Mau..??

4. Cuci tangan

pariamankota.go.id

Keadaan yang mengharuskan cuci tangan setiap saat mungkin membuat setiap rumah mulai memikirkan perubahan desain rumah seperti wastafel dan kamar mandi di depan rumah.

5. Digitalisasi

kopitekno.com

Pertimbangkan membuat seminar, pendidikan, ulang tahun, hingga pernikahan dengan sistim teleconference melalui applikasi digital seperti Zoom, google Meet, bahkan whatsapp dan Instagram.

6. Layanan wisata digital dan Private Tour

pomona.edu

Untuk para travel guide dan pengusaha wisata perlu mulai membuat program Virtual Tour dan privat tour. Virtual Tour mungkin bisa menjadi sarana promosi bagi layanan privat tour itu sendiri.

7. Human Need

ayobandung.om

Kebutuhan utama manusia menjadi : Kesehatan, Pangan, Sumber Energi, dan jaringan internet. Bayangkan kita hidup tanpa empat hal diatas.

Sebelumnya disebutkan oleh Tempo.Co bahwa Presiden Joko Widodo dalam pernyataan resminya tanggal 15 Mei 2020 mengungkapkan bahwa mau kita tidak ada pilihan lain selain menghindari resiko wabah Covid-19 dengan mempersiapkan keadaan New Normal.

“Kehidupan kita sudah pasti berubah untuk mengatasi resiko wabah ini, itu keniscayaan. Itulah yang oleh banyak orang disebut ‘New Normal’ atau tatanan kehidupan baru”.

Pernyataan Resmi Presiden Joko Widodo – Istana Negara, 15 Mei 2020

So.. mari bersiap-siap Guys.

Admin

View all posts by Admin

Official, Administrator, Editor.

Tinggalkan Balasan