Sign In

Blog

Latest News
Ajak Buah Hati Membaca dikala Pandemi

Ajak Buah Hati Membaca dikala Pandemi

People photo created by tirachardz – www.freepik.com

Wabah covid-19 yang melanda dunia, berdampak pada dunia pendidikan khususnya di Indonesia. seluruh lembaga pendidikan meliburkan kegiatan belajar mengajar di sekolah dan menyelenggarakan pembelajaran di rumah, baik melalui pemberian tugas maupun melalui sistem daring. Saat Pandemi berkepanjangan ini alangkah baiknya Ajak Buah Hati Membaca dikala senggang.

Bagi sebagian orang mungkin menghadapi pandemi covid-19 dengan kekhawatiran dan ketakutan, seperti khawatir akan pendidikan anak-anaknya, khawatir anak-anaknya tidak dapat belajar dengan normal. Akan tetapi bagian sebagian yang lain justru menggunakan kesempatan tersebut untuk mendekatkan anak-anak dengan buku.

Yang menjadi persoalan selanjutnya adalah tidak semua orang tua memiliki ketersedian buku untuk anak-anak mereka. sebenarnya ini bukanlah menjadi alasan, karena saat ini banyak sekali taman bacaan dan rumah baca yang menyediakan buku-buku secara gratis untuk dipinjamkan. Kuncinya justru ada pada orang tua sendiri.

Bila anda menginginkan anak-anak anda dekat dengan buku maka beberapa tips di bawah ini perlu anda lakukan :

Orang Tua Sebagai Contoh

Kebiasaan seorang anak adalah mencontoh, sesuai dengan perkembangan anak, bahwa usia mereka sangat mudah untuk mencontoh dari orang-orang disekitarnya. Untuk itu apabila anda menghendaki anak-anak anda hobi membaca tunjukkan kepada mereka dengan anda juga selalu dekat dan membaca buku, minimal dalam sehari anak-anak melihat anda membuka buku 2 kali. Hal ini akan mempermudah anda untuk menggiring anak-anak anda menjadi menyukai buku.

Masak sendiri makanan kesukaan si buah hati..

Membiasakan Anak Membaca

foto dok. Indra Hary

Untuk membiasakan anak anda membaca ajak anak anda melihat hal-hal yang menarik dalam buku tersebut, mungkin dengan menunjukkan gambar-gambar yang ada dalam buku. Rangsang dengan keingin tahuan dan kesukaannya (misal suka melihat gambar binatang kesayangannya, dan lain sebagainya). Dari sini diharapkan nantinya anak mulai suka memegang dan melihat buku dan dilanjutkan menjadi gemar membaca buku.

Memfasilitasi Buku Bacaan

Pada Bagian ini, orang tua hendaknya jeli dan dapat memfasilitasi keberadaan buku-buku bacaan untuk anak-anaknya. Tidak semuanya harus beli, anda dapat meminjamnya di perpustakaan, taman bacaan atau di rumah baca yang menyediakan buku-buku yang dapat dipinjam secara gratis.

Dari ketiga tips yang saya berikan di atas tentunya tidak ada alasan lagi bagi para orang tua untuk tidak dapat menjalankan cara ini, karena siapa saja bisa melakukannya, dan yang terpenting lagi biasanya adalah alasan klasik masalah biaya, nah dengan tips ini anda sama sekali tidak perlu keluar biaya.

Ditulus oleh: Indra Hari Purnama (Pendiri Rumah Baca Purnama)

Related Posts

Comments (1)

  • Elia
    Elia
    Mei 28, 2020 at 5:25 am Reply

    Betul sekali.. sayangnya tempat2 persewaan buku-buku model klasik ala jaman dulu sekarang sudah jarang. Thank atas tulisannya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *