Sign In

Saat Belajar Bersama Anak dan Orang Tua

Saat Belajar Bersama Anak dan Orang Tua

Belajar bagi setiap insan merupakan tidak hanya sebagai kebutuhan. Dalam agama Islam anjuran belajar untuk dijalankan atau dilakukan semenjak lahir hingga meninggal dunia. Artinya bahwa setiap hari yang dilalui untuk selalu belajar. Belajar baik melalui perantara orang lain (guru), orangtua, hingga belajar dari situasi dan kondisi lingkungan.

Tidak semata dibangku persekolahan secara formal dan kurikulum yang ditetapkan, belajar dapat dilakukan dimana saja dan kapan saja. Bahkan terkadang orang dewasapun harus belajar kepada anak-anak yang masih belum mengerti apa itu teknologi dan lain sebagainya.

200Foto: Indrahary (dok)

Seringkali sebagai orang tua kita belajar dari anak-anak. Mengamati ilmu tumbuh-kembang anak, psikologis, karakter dan sifat anak. Bahkan kita dilatih dan belajar kesabaranpun terdorong dari situasi dan kondisi yang kita hadapi dengan anak-anak.

Pada kondisi sekarang yang tidak menentu, para orang tua dituntut harus siap memberikan pendidikan dan pembelajaran kepada anak-anak. Seperti pada saat artikel ini ditulis, dimana situasi dan kondisi di seluruh dunia dilanda pandemi global. Sekolah formal di seluruh Indonesia dihentikan pembelajaran formalnya digantikan belajar di rumah baik secara online maupun pemberian tugas.

http://online.e-guru.id/aff/27/121/

Dalam situasi belajar semacam ini, bagi siswa di tingkat Sekolah Dasar tentunya belum berjalan efektif. Dibutuhkan bimbingan dari orang tua untuk memecahkan masalah dalam belajarnya. Berbeda hal dengan mereka yang sudah duduk dibangku Sekolah Menengah Atas dan Perguruan Tinggi, mereka sudah terbiasa dengan pemberian tugas mandiri.

Kembali pada tanggung jawab sebagai orang tua.

Bagi orang tua yang berprofesi pendidik, bukanlah hal yang sulit. Lalu adalah bagaimana dengan mereka yang tidak memiliki pengalaman mengajar.

Hal tersebut tentu akan menjadi kendala, akan tetapi bila kita kembalikan lagi pada tugas dan tanggung jawab sebagai orang tua, bahwa orang tua adalah guru pertama dan utama bagi anak-anaknya. Di situlah ada peran pokok orang tua dalam mengawali pendidikan anak-anaknya.

Pemahaman ini perlu dipahami oleh para orang tua, bahwa tugas mereka tidak hanya mengurus dan mencarikan nafkah untuk anak-anaknya. Jauh lebih dari itu bahwa sebenarnya pondasi pendidikan ada ditangan orang tuanya. Orang tuanyalah yang akan memberikan pondasi pendidikan kepada anak-anaknya, sedangkan sekolah hanya membantu mengembangkan potensi dari anak itu sendiri.

Tinggalkan Balasan