Sign In

Kenalan Dengan Seniman Titut di Sanggar Gubug Sawah Cowongsewu

Kenalan Dengan Seniman Titut di Sanggar Gubug Sawah Cowongsewu

Menuju ke Purwokerto, ada banyak hal yang bisa dilakukan loh.. Salah satunya mengenal budaya Banyumas. Nah.. kalau kamu penasaran dengan Banyumas, kamu bisa datang ke Sanggar Gubug Sawah Cowongsewu milik Seniman Titut Edi Purwanto tepatnya di Ds. Pangebatan, Kecamatan Karanglewas Kabupaten Banyumas. Di sana kalian bisa menemukan kesempatan untuk belajar dan kenalan dengan Titut yang tak lain adalah seniman asli Banyumas.

Gubug Sawah Cowongsewu lebih tepatnya adalah sebuah sanggar yang dikelilingi area persawahan seluas 10 Ha ini adalah tempat yang dibangun oleh Budayawan dan Seniman Banyumas Titut Edi Purwanto yang dikenal dengan sebutan Titut Cowongsewu. Disini adalah tempat Titut Cowongsewu melakukan hobinya sebagai petani sekaligus Seniman lukis & Teater.

Alhasil ketika berkunjung ke Sanggar Gubug Sawah Cowongsewu kalian akan bercengkrama langsung dengan Titut, berkenalan dengan kehidupan dan pribadinya yang unik. Jadi tentu banyak hal yang akan kamu dapatkan loh.

Gubug Sabin Cowongsewu
Wakil Bupati Banyumas di Gubug Sawah Cowongsewu

Banyak pengunjung yang datang di Gubug Sawah Cowongsewu dari berbagai daerah di Indonesia. Mereka datang untuk riset budaya, belajar seni peran, belajar melukis, memetik panenan, bertani, hingga sekedar refreshing bermain di sawah bersama keluarga. Selain dalam jumlah yang cukup banyak pula dari Content Creator seperti; Youtuber, Vloger, Instsgrammer dan Blogger.

Menikmati Aksi Teatrikal di Sanggar Gubug Sawah Cowongsewu

Gubug Sabin Cowongsewu
Teatrikal Seniman Titut dalam aksi teatrikal

Buat kamu yang berkunjung ke Gubug Sawah Cowongsewu seringkali mendapat kejutan dari Sang Seniman Titut. Mengingat Titut Cowongsewu kerap melakukan Aksi teatrikal secara tiba-tiba. Nah saat kalian ada di sana jangan lupa persiapkan handphone dan Kamera. Tentunya kalian nggak mau kehilangan moment kenangan berteater di Gubug Sawah Cowongsewu karena Titut akan menarik siapapun dalam teatrikalnya. Wah.. Bisa jadi momen indah sepanjang masa loh Guys..

Memetik Buah.

Berkunjung ke Gubug Sawah Cowongsewu bareng keluarga bisa jadi alternatif wisata yang menyenangkan. Karena kalian bisa berbelanja buah dan sayuran seperti : Labu, Jeruk Lemon, Pepaya, Jambu Kristal, Ubi, hingga ketela. Semuanya bisa kalian lakukan dengan memetik sendiri langsung dari pohonnya. Asiik bukan??..

Memanen Labu

Titut Cowongsewu adalah seniman dan budayawan yang menjaga tradisi Cowongan yaitu ritual petani Banyumas untuk memanggil hujan. Tradisi itu hingga kini semakin dilupakan. Menurut Titut tradisi tersebut pada masa lalu sebenarnya adalah perwujudan doa dan harapan dari para petani di Banyumas.

Gimana Sob.. Keren kan? Buat kalian yang penasaran bisa langsung cek lokasi Guys. Cek alamat di mari. (Dmr_alakota.com)

Admin

View all posts by Admin

Official, Administrator, Editor.

Tinggalkan Balasan