Sign In

Bandara JBS Purbalingga Resmi Dibuka

Bandara JBS Purbalingga Resmi Dibuka

Yo.. para traveller, Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) Purbalingga sudah resmi dibuka Kamis (3/06/2021). Kabar ini tentu menggembirakan, karena kini perjalananmu ke daerah sekitaran Jateng barat bakal lebih mudah dan cepat. Begitu juga sebaliknya.

PT. Angkasa Pura II, selaku BUMN yang menaungi menginformasikan bahwa fasilitas runway di Bandara JBS Purbalingga ini berukuran 1.600 x 30 meter. Infrastruktur penunjang layanan ini, sementara memang masih menggunakan tenda apron 69 x 103 meter untuk melayani pesawat jenis ATR-72, namun sudah berstandar fasilitas PKP-PK kategori 5. Fasilitas pelayanan bandara juga sudah tersedia di terminal penumpang seluas 20 x 20 meter.

Citilink Maskapai Pertama Bandara JBS Purbalingga.

Pesawat Citilink. Foto Liputan6

Citilink menjadi maskapai pertama yang melayani rute penerbangan di Bandara tersebut. Jadwalnya antara lain Surabaya (SUB) – Purbalingga (PWL) pukul 09.30-11.05 WIB, Purbalingga (PWL) – Jakarta (HLP) pukul 11.50-13.10 WIB, Jakarta (HLP) – Purbalingga (PWL) pukul 13.40-14.50 WIB dan Purbalingga (PWL) – Surabaya (SUB) pukul 15.15-16.50 WIB. Untuk tahap awal penerbangan ini tersedia dua kali dalam seminggu.

“Mulai hari ini, 1 Juni 2021, secara resmi Bandara Jenderal Besar Soedirman berstatus ‘In Active Operation’, sehingga semua yang akan memasuki bandara diperlakukan SOP oleh operator bandara,” kata Direktur Utama PT Angkasa Pura II Persero, Muhamad Awaludin dalam sambutannya.

Perlu diketahui, pesawat Citilink yang menangani rute ini memiliki kapasitas 72 penumpang. Sekarang sudah tersedia tiketnya melalui online dengan harga kisaran Rp500 ribu lebih. Sedangkan dari JBS ke Halim, tiket dipatok sekitar Rp450 ribu atau sekitar 50 ribu lebih murah.

Bupati Purbalingga, Dyah Hayuning Pratiwi berharap Bandara JBS Purbalingga didukung bukan hanya warga Purbalingga saja namun oleh seluruh masyarakat di wilayah Banyumas Raya.

“Saya ajak seluruh masyarakat Purbalingga dan masyarakat di Barlingmascakeb atau eks Karesidenan Banyumas untuk bersama-sama menyengkuyung (mendukung ramai-ramai), menghidupkan, memakmurkan Bandara JBS ini,” katanya.

PT Angkasa Pura II (Persero) mulai mengaktifkan Bandara Jenderal Besar Soedirman (JBS) di Purbalingga, Jawa Tengah, pada Selasa (1/6). Pengaktifan ini ditandai dengan pendaratan perdana pesawat baling-baling jenis turboprop ATR 72-600 milik maskapai penerbangan Citilink dari Bandara Juanda Surabaya.

Diresmikan Ganjar, di gagas sejak Bupati Triyono.

Foto Pikiran Rakyat

Bandara Jenderal Besar Soedirman telah diresmikan oleh Gubernur Jateng Ganjar Pranowo pada Kamis (3/6). Menurutnya, gagasan untuk bandara ini sudah sejak era pemerintahan Bupati Triyono Budi Sasongko.

“Ini seperti The Dream Comes True”. Saya masih anggota DPR-RI sejak Pak Triyono jadi Bupati. Lima Bupati mendukung, sejarah panjang itu hari ini terwujud. Sudah ada pesawat yang mendarat, kata Ganjar pada peresmian bandara Jenderal Besar Soedirman, Kamis (3/6). (Dmr) Photo cover by Sam Willis from Pexels

Sumber : Liputan6

Admin

View all posts by Admin

Official, Administrator, Editor.

Tinggalkan Balasan