Sign In

Resto Ikan Dewa Kembangkan Destinasi Edukatif ‘Ternak Domba’ di Kawasan Wisata Cipendok.

Resto Ikan Dewa Kembangkan Destinasi Edukatif ‘Ternak Domba’ di Kawasan Wisata Cipendok.

Travellers.. Resto Ikan Dewa, Cilongok, Banyumas, mulai mengembangkan bisnisnya di sektor Peternakan Domba. Dengan memanfaatkan lahannya seluas +- 4 Ha, di sekitar area BPTU Peternakan yang juga masih merupakan kawasan wisata curug cipendok. Bing Urip Hartoyo selaku owner, merelokasi ribuan domba untuk dibudidaya di area tersebut. Domba-domba ini kini jadi atraksi menarik buat masyarakat dan wisatawan yang datang ke sana. Harapannya Peternakan Domba ini bisa menjadi destinasi yang edukatif di kawasan wisata tersebut.

Letaknya berdampingan dengan area BPTU Peternakan Sapi Perah atau tepat di sebelah Utara Agro Karang Penginyongan. Jadi, untuk menemukan pemandangan ribuan domba ini kamu perlu memasuki area BPTU terlebih dahulu.

ternak domba ikan dewa
Bing Urip Hartoyo (kedua dari kiri), bersama Seniman Banyumas Titut Edi Purwanto (Kiri)

Menurut Bing, Ia sudah lama merencanakan peternakan domba karena selain potensi pasarnya yang bagus juga domba bisa berbaur dengan sapi perah milik BPTU yang sudah dibudidaya terlebih dahulu oleh perusahaan pelat merah tersebut.

Peternakan Domba Ikan dewa

“Secara teknis Domba memenuhi syarat untuk berdampingan dengan Sapi Perah, tidak seperti jenis kambing yang lain. Selain itu juga diharapkan nantinya bisa menambah daya tarik wisata di kawasan ini”. Ungkap Bing Kamis (10/6).

Jadi bagian dari pengembangan Wisata Kawasan Banyumas Barat.

Perlu diketahui, Kawasan wisata Cipendok yang berada di Banyumas Barat ini sebelumnya memang kurang populer. Namun dalam beberapa waktu ini beberapa destinasi baru yang bermunculan mulai meramaikan kawasan ini seperti : Agro Karang Penginyongan, Germanggis, Wisata Pereng, dsb. Itu menunjukkan bahwa Kawasan wisata Cipendok layak menjadi destinasi pilihan kedua setelah Baturraden.

Destinasi edukasi bisa menjadi langkah terobosan menemukan daya tarik baru bagi wisatawan di kawasan ini. Setelah sebelumnya diawali oleh Agro Karang Penginyongan. Hadirnya ‘Kandang Domba Ikan Dewa’ bisa menjadi kemasan baru di Kawasan Wisata Banyumas Barat.

Ribuan domba bisa menjadi sarana edukasi yang menarik.

Kemasan baru di kawasan Wisata Banyumas Barat.

Travellers kini bisa menikmati destinasi yang beragam saat liburan di kawasan Cipendok. Mulai dari : wisata alam, budaya, edukasi, hiburan keluarga hingga petualangan dan bahkan aktifitas ekstrim di Kawasan ini.

Menginap di Cottage Pondok Kelapa yang menyuguhkan fasilitas api unggun dan barbeque. Menjelajah hutan di Manggalayang Jungle Trekking. Belajar membuat piring lidi, memerah susu sapi, dan beternak domba di Kandang Domba Ikan Dewa. Berkemah di Germanggis dengan pemandangan landscape kota Purwokerto. Melihat air terjun Cipendok. Atau memacu adrenalin di Sukan River Tubing. Itu semua bisa dikemas dalam satu paket menarik bagi wisatawan di kawasan Wisata Cipendok.

Menemukan lokasi Kawasan Wisata Cipendok.

Bagi Travellers yang penasaran dan pengen mencoba ke sana. Kawasan Wisata Cipendok bisa kamu tempuh +- 15 km dari Ajibarang, atau +- 23 km dari Purwokerto. Untuk menemukannya cari dan ikuti arah Curug Cipendok. (DMR)

Tinggalkan Balasan