Sign In

Ada 60 Produk Lokal Berstandar Mutu di Tuka Tuku Purbalingga

Ada 60 Produk Lokal Berstandar Mutu di Tuka Tuku Purbalingga

Para pelaku UMKM Kab. Purbalingga boleh bersyukur. Kini mereka telah memiliki saluran untuk penjualan produknya. Pemkab Purbalingga melalui Dekrasnanda membuka Gerai Produk UMKM binaan pemerintah dengan menggunakan label “Tuka-Tuku”. Hingga kini sudah 60 produk lokal menempati gerai Tuka Tuku. Semuanya telah berstandar mutu dan layak bersaing dengan produk lain.

Rizal Diansyah selaku Ketua Dekrasnanda Kab. Purbalingga mengungkapkan bahwa pihaknya terus berusaha ikut mendorong produk lokal agar masuk dan diterima di pasar nasional dan internasional.

Tuka Tuku Purbalingga

“Tuka-tuku adalah sebuah platform yang menggabungkan antara konsep toko fisik, dan toko online. Disitulah produk-produk lokal di dalam pembinaan dan pengawasan ketat mulai dari proses produksi, kemasan, dan pengelolaannya agar berkualitas dan memiliki daya saing. Harapannya agar produk UMKM Purbalingga bisa masuk pasar Domestik maupun internasional”. ungkapnya saat memenuhi undangan Alakota di Warj@u Cafe (21/06).

Berstandar mutu, 60 Produk Lokal mampu hasilkan omset Ratusan Juta.

Sementara itu di waktu yang berbeda Kepala Dinas Koperasi dan UKM Purbalingga Budi Susetyono menyampaikan bahwa sejak beroperasi hingga Juni 2021, Tuka Tuku telah membina sekitar 60 produk lokal dan meraih omset ratusan juta. Hal itu terhitung sejak Tuka Tuku menjalin kerjasama dengan PT. Bukalapak pada 31 Agustus 2019 lalu.

“Sejak MoU dengan PT. Bukalapak hingga Juni 2021, total omzet Tuka Tuku Purbalingga telah mencapai Rp422,7 juta dengan jumlah transaksi mencapai 1.531 transaksi”. Imbuhnya.

Jadi ajang percontohan daerah lain

Kinerja Tuka Tuku nyatanya telah menarik minat beberapa daerah untuk belajar. Kabupaten Brebes adalah yang pertama datang ke Purbalingga melalui Wakil Bupatinya H. Narjo, SH. MH., pada 15 Maret lalu.

“Kami ingin merguru ke Kabupaten Purbalingga karena di sini ada aplikasi kerjasama pemerintah dengan penyedia layanan/marketplace Bukalapak dalam program Tuka-Tuku. Langkah-langkah apa yang harus ditempuh sehingga bisa meningkatkan ekonomi para pelaku UMKM,” kata Wakil Bupati Brebes, Narjo SH, MH., pada RRI (15/3).

Tuka tuku purbalingga
Wabup Brebes Narjo, SH., MH bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Foto : ig Tuka Tuku

Menyusul setelahnya adalah Kab. Jombang yang mengutus wakil Bupati Sumrambah untuk mempelajari platform tersebut, beberapa waktu lalu.

Wabup. Jombang Sumrambah bersama Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi. Foto. Gatra

“Hari ini kami ingin banyak belajar bagaimana efektivitas kerjasama Tuka Tuku Purbalingga dengan PT Bukalapak yang sudah berjalan dalam rangka meningkatkan daya saing UMKM kami di kabupaten Jombang”, ujar Wakil Bupati Jombang, Sumrambah, dalam keterangan tertulis, dikutip Gatra Sabtu (19/6). (Dmr, Berbagai Sumber)

Tinggalkan Balasan