Sign In

PPKM Darurat, Sektor Pariwisata ‘Double Impact’

PPKM Darurat, Sektor Pariwisata ‘Double Impact’

Wacana PPKM Darurat akhirnya resmi diterapkan dan akan mulai dijalankan pada tanggal 3 hingga 20 Juli 2021 mendatang. Menyusul grafik penyebaran Covid-19 yang meningkat tajam di berbagai wilayah di Indonesia. Data menyebutkan Covid-19 di Indonesia cukup memprihatinkan. Sektor Pariwisata kena ‘double impact‘.

Berdasarkan data yang kami coba himpun dari berbagai sumber mengatakan, bahwa Covid-19 pekan ini dalam akslerasi kuat. Kita lihat data pada Sabtu (26/6) jumlah kasus positif harian telah mencapai rekor tertinggi di angka 21.095 kasus baru, dan kemudian meningkat lagi pada hari berikutnya minggu (27/6) sejumlah 21.342 kasus. Hingga hari ini Jumat (2/7) berdasarkan topik di Kabar24 kasus positif tercatat di angka 25.830. (Sumber : Detik) Sehingga total Kasus Positif 2,2 Jt, Sembuh 1.89 jt, dan Meninggal dunia 58.995.

Membaca data tersebut tentu menjadi hal yang harus dimaklumi. Meski kondisi dan situasi tidak menyenangkan bagi dunia usaha. Khususnya sektor pariwisata yang nampaknya akan mendapat imbas dua kali. Apa saja?

1. Kemenparekraf minta Tempat wisata tutup sementara

Menparekraf Sandiaga Uno juga telah menyampaikan kebijakannya untuk menutup sementara seluruh destinasi wisata dan sentra ekonomi kreatif. Langkah ini dilakukan sebagai tindak lanjut dari keputusan pemerintah pusat demi menekan laju penularan covid-19.

Hal ini akan kita patuhi dan kami sudah memberikan seruan yang tegas kepada para pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif untuk melaksanakannya, tanpa kecuali. Karena keselamatan dan kesehatan rakyat Indonesia adalah yang utama. Tegasnya seperti dikutip dari Liputan6.com.

Sandiaga Uno
@sandiuno

2. Program Pemulihan Ekonomi Sektor Wisata dan Ekraf ditunda.

Bersamaan dengan kebijakan tegas pada kegiatan kepariwisataan dan ekonomi kreatif saat PPKM Darurat berjalan. Sandiaga juga menunda berbagai program pemulihan ekonomi seperti, Work From bali, Pembukaan Bali Kembali, Wisata Vaksin di Bali, Travel Corridor Arrangement, dan event-event di daerah. (Dmr – Berbagai sumber)

Photo by Anna Shvets from Pexels

Tinggalkan Balasan