Sign In

Desa Wisata Tanalum. Tak Cukup Hanya Semalam

Desa Wisata Tanalum. Tak Cukup Hanya Semalam

Liburan tak selalu mahal kan? Soalnya asal kamu tahu nih, banyak destinasi lokal yang memiliki beragam aktivitas untuk kamu dan keluarga menghabiskan waktu-waktu liburmu. Desa wisata Tanalum adalah salah satunya. Desa yang dikenal dengan julukan desa seribu curug ini punya segudang aktivitas dan bahkan menjamin liburan kamu makin bernilai loh. Menginap di homestay, rappeling, river tubing, trekking, membuat waktumu tak cukup hanya semalam, untuk habiskan semua petualanganmu di Desa Tanalum, Rembang, Purbalingga.

Nah untuk itu kamu perlu tahu dulu beberapa hal berikut nih, sebelum beranjak ke sana..

1. Lokasi Desa Tanalum

Desa Wisata Tanalum Berada di Kabupaten Purbalingga bagian Utara. Selain itu Desa Tanalum adalah desa terakhir di kecamatan rembang sehingga berbatasan langsung dengan Kabupaten Pekalongan. Meski demikian, untuk mencapai desa Tanalum lebih nyaman ditempuh dari pusat kota Kab. Purbalingga karena akses jalan yang baik.

2. Desa Wisata Berprestasi

Tidak mudah untuk menjadi desa wisata karena perlu ketersediaan destinasi alam, daya tarik lokal, sarana prasarana, memiliki standar pelayanan wisata, dan tentu yang terpenting adalah memiliki masyarakat sadar wisata. Nah, Desa Tanalum ini bahkan telah mengukir prestasi di tingkat nasional. Beberapanya antara lain : Juara harapan 1 gelar desa wisata thn 2017, juara 2 konvensi pokdarwis 2017, juara 2 lomba desa wisata 2019, pengelola terbaik tingkat jateng 2019, harapan 3 desa wisata nusantara, dsb. Jadi dijamin nyaman buatmu Liburan ke sana.

3. Homestay banyak tersedia.

Nah, jangan harap kamu dapat homestay dengan tipe cottage / Villa ya. Homestay di sini adalah rumah penduduk yang dapat di sewa untuk menginap. Meski demikian keramahan warga dan pemilik rumah akan memberikan pengalaman berkesan buat kamu loh. Kamu akan tinggal berkenalan dengan masyarakat. Serasa berlibur ke rumah nenek deh pokoknya.

Homestay Bu Tarti desa wisata tanalum
Salah satu homestay di desa wisata Tanalum

4. Guide Lokal yang memahami kebutuhan

Selama berlibur di Desa Tanalum, pastikan kamu mendapat layanan Guide lokal ya.. Karena merekalah yang akan membantu mengurus semua hal yang kamu butuhkan selama di sana. Jangan khawatir, para guide lokal ini sangat profesional. Mereka tahu segala kebutuhan kamu dan tak segan menanyakan apa yang kamu butuhkan.

Inilah para pemandu Lokal yang siap melayani kamu berpetualang di desa wisata Tanalum

5. Transportasi Lokal

Nah.. poin ini sering diabaikan nih Guys. Meski kalian membawa kendaraan pribadi, ada baiknya menyewa transportasi lokal untuk menjelajah desa wisata tanalum. Soalnya medan yang naik turun, sempit dan kadang berbatu akan membuat mobil kamu berpotensi Mengalami tergores hingga ban bocor.  Jangan sampai menimpa kendaraan kamu ya.. Sebagai alternatif lain jalan kaki mungkin akan menyenangkan buatmu.

Asik berkeliling naik kendaraan lokal Desa Tanalum

6. Pertunjukan Budaya Lokal

Libuaranmu makin lengkap dengan suguhan hiburan budaya lokal. Kamu bisa memesannya saat Makan malam. Pilih ruang terbuka saat malam, dengan pencahayaan tradisional seperti oncor atau lentera, sambil menyaksikan pertunjukan. Untuk grup kecil kamu bisa memesan Tari lesung dengan durasi 1-2 jam. Asik kan..

Tundak Lesung Tanalum
Tari Lesung Desa Tanalum

7. Banyak Activity Outdoor

Nah desa seribu curug ini punya banyak sekali activity buatmu. Bagi penyuka aktivitas ekstrim kamu bisa coba rappeling melawan derasnya air terjun curug Gogor. Atau yang lebih mudah dilakukan seperti Tubing di aliran sungai berbatu, hingga trekking ke hutan.

River tubing hanyalah salah satu dari banyak keseruan aktifitas di desa wisata Tanalum

Masih banyak hal yang menarik saat kamu bertualang di desa wisata Tanalum. Apa itu? Tentu tak mungkin tahu tanpa mencoba. Yang pasti tak cukup bila hanya semalam untuk temukan semuanya. Satu hal lagi yang perlu kamu tahu, wisata ke desa tanalum jauh dari kata Mahal. Untuk membuktikannya kamu bisa browsing di berbagai situs yang tersedia atau menggunakan kalkulator booking di situs Alakota.com melalui link INI.

Lihat Berbagai Aktifitas Seru di desa Tanalum

Nah, pilihan menarik bukan? Selamat merasakan sensasi tinggal di desa ya.. ***

Yukk.. dengerin cerita Desa Tanalum bareng Nur Fatah (Tokoh Masyarakat desa Tanalum) di Podcast Channel My Alakota. Tersedia juga di Spotify, Anchor, dan Google Podcast.

Admin

View all posts by Admin

Official, Administrator, Editor.

Tinggalkan Balasan