Sign In

Perencanaan Bisnis Destinasi Wisata

Perencanaan Bisnis Destinasi Wisata

Industri Wisata semakin berkembang seiring teknologi, infomasi, hingga gaya hidup manusia yang dinamis. Pada era tahun 1990 hingga 2010 bisnis wisata masih murni mengandalkan potensi alam yang sudah ada. Ketertarikan pelaku bisnis atas lokasi yang memang telah menjadi tujuan wisata dari waktu ke waktu sehingga membawa pada sebuah keputusan untuk investasi kepada komponen destinasi tersebut.

Sekarang ini Industri wisata telah banyak berubah, destinasi bisa dibuat dan dikemas menjadi daya Tarik baru. Namun perlu dicermati perubahan hal itu menjadi kompetisi yang ketat antar produk. Kompetisi ini tidak semudah kompetisi di ranah produk fisik. Bisnis wisata mempunyai 3 unsur penting yaitu : Alam / infrastruktur, Fasilitas, Pelayanan, dan Faktor pendukung lainnya untuk sebuah tujuan bisnis yaitu  satisfying atau memuaskan pelanggan.

Maka tidak ada yang mudah dalam mengelola bisnis wisata. Karena produk bisnis ini haruslah mengedepankan prinsip Sustainable (keberlanjutan). Ini adalah bisnis jangka panjang, dengan misi kearifan lokal yang tanpa henti dan tanpa lelah. Apakah Management dan seluruh komponen bisnis wisata Anda sudah memahami hal itu??

Perencanaan Bisnis / Business Plan Wisata

Photo by fauxels from Pexels

Sebelum kesana, sebaiknya jangan pernah mulai bermimpi membuat sebuah destinasi wisata. Atau sebaliknya mulailah sebuah perencanaan yang matang. Anda harus mulai membuat Business Plan. Itulah yang akan menggambarkan proyeksi tentang bisnis Anda. Bagaimanapun masa depan bisnis harus tergambar jelas. Karena sebenarnya seluruh perencanaan kegiatan operasional bisnis bisa diprediksikan hingga bertahun-tahun ke depan. Apa saja yang akan terbaca dari Business Plan?

  • Analisa
  • Cashflow Projection
  • Target Pendapatan
  • Biaya-biaya Opening & Pre-opening
  • Database product
  • Perkiraan Nilai Investasi Awal
  • Strategi promosi yang bisa dilakukan
  • Antisipasi dari kejadian Force Majeour
  • dsb.

Nah, banyak sekali detail dari sebuah perencanaan. Tentu harus dilakukan oleh seseorang yang professional. Buat yang belum memiliki pengalaman bisa menyerahkan hal ini ke seorang konsultan bisnis wisata. Perencanaan yang baik pasti mudah dipahami oleh para pebisnis. (Dmr)

Tinggalkan Balasan